"Kokoh dan Menang"

Kamis, 01 Februari 2018

PENDIDIKAN PERBATASAN

Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam perkembangan suatu negara. Masa depan suatu negara sangat bergantung kepada generasi mudanya. Di Indonesia sendiri, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu cita cita dan tujuan luhur yang dituliskan dalam Pembukaan Undang Undang Dasar tahun 1945. Kami melihat pertumbuhan pendidikan Indonesia masih kurang, disertai dengan adanya kekurangan tenaga kerja di bidang pendidikan. Salah satu program kerja KKN 23 berfokus terhadap pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.
Dalam kegiatan mengajar kami berfokus pada dua Yayasan di Desa Konang, yakni Yayasan Al-Hidayah yang terdapat di Dusun Besar meliputi RA, MI dan MTS dengan menugaskan 9 anggota KKN untuk mengajar. Selanjutnya Yayasan Mambaul yang terdapat didusun Konang Timur meliputi RA dan MI dengan menugaskan 7 anggota KKN untuk mengajar. Kegiatan ini kami lakukan selama 2 minggu terhitung dari tanggal 15-27 Januari 2018.
Secara umum banyak sekali pengalaman yang didapat oleh peserta KKN dalam mengembangkan pengetahuannya mengajar, salah satunya mengenai pembelajaran  melalui metode yang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Disetiap kegiatan pembelajaran anak-anak sangat antusias sekali mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh pengajar dari anggota KKN, hal ini karena metode pembelajaran yang diberikan sedikit berbeda dengan pembelajaran yang diperoleh oleh peserta didik setiap harinya, dimana beberapa pengajar juga membawa media pembelajaran, mengajak anak rileks dalam belajar, serta pemberian tugas dengan metode yang menyenangkan. Hal ini membuat peserta didik lebih termotivasi untuk semangat belajar. Selain itu teman-teman KKN juga mengadakan bimbingan belajar setiap hari sabtu dan hari minggu, dimana tidak hanya pembelajaran umum saja seperti MTK, IPA atau IPS tetapi pembelajaran agama juga seperti Bahasa Arab dan Akidah Akhlak untuk seluruh jenjang pendidikan yakni RA, MI dan MTS. Selain itu teman-teman KKN juga mengadakan bimbingan belajar mengenai cara upacara bendera yang baik dan benar yang dilakukan pada hari sabtu.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

PROFIL DESA KONANG

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.